Jurnal Borneo Cendekia
Vol 2 No 2 (2018)

HUBUNGAN GANGGUAN POLA TIDUR DENGAN HIPERTENSI LANSIA DI DESA SEI KAPITAN KABUPATEN KOTA WARINGIN BARAT (Studi di Desa Sei Kapitan Kotawaringin Barat)

Devi Arissandi (STIKes Insan Cendekia Medika Jombang)
Agung Setyono Wibowo (STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun)
Eny Lestari (STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Pendahuluan: Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia agar memiliki fungsi tubuh yang optimal. gangguan pola tidur yang meningkat dapat mengaktivasi sistem saraf simpatis yang akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara gangguan pola tidur hipertensi lansia di Desa Sei Kapitan Kabupaten Kota Waringin Barat. Metode penelitian: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross-sectional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Data analisis bivariat dengan menggunakan uji korelasi rank Spearman. Hasil penelitian: Gangguan pola tidur meningkat sebanyak 15 orang (50%) dan hipertensi sebanyak 17 orang (56,7%). Sedangkan responden di Desa Sei Kapitan Kotawaringin Barat pada gangguan pola tidur meningkat dan terjadinya hipertensi sebanyak 12 orang (40%) dan dengan hasil rank spearman 0,007 menunjukan nilap P < 0,05 menunggunakan aplikasi SPSS 16. Kesimpulan: Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara gangguan pola tidur dengan hipertensi lansia. Kata kunci : Gangguan Pola Tidur, Hipertensi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbc

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Borneo Cendekia adalah jurnal yang menerbitkan artikel dalam bidang kesehatan yaitu keperawatan, kebidanan, analis kesehatan dan ...