Jurnal Riset Inossa : Media Hasil Riset Pemerintahan, Ekonomi dan Sumber Daya Alam
Vol. 2 No. 1 (2020): Juni

PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP FAKTOR YANG MENENTUKAN PERILAKU KONSUMEN UNTUK MEMBELI BARANG KEBUTUHAN POKOK DI SAMARINDA

Martinus Robert Hutauruk (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi dampak customer soluiton, customer cost danconvenience terhadap physicological dan buying decision selama masa PSBB dalampenanggulangan pandemi COVID-19 di Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode samplingdegnan berdasarkan jumlah perkalian indikator variabel untuk mewakili seluruh responden yangmenggunakan sistem daftar pertanyaan yang dikelola sendiri, didesain dari lima dimensi denganmenggunakan skala likert. Pemodelan persamaan struktural berbasis varian (PLS-SEM) digunakanuntuk menguji pengajuan model struktural dengan dukungan software SmartPLS 3.2.9. Temuanpenelitian ini mengungkapkan bahwa customer solution, dan convenience berpengaruh secaralangsung langsung positif dan signfikan terhadap physicological, kecuali customer cost berpengaruhsecarfa langsung negatif dan tidak signfikan terhadap physicological. Selain itu ditemukan pula bahwa physicological berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap buying decision.Selanjutnya ditemukan bahwa consumer solution dan convenience berpengaruh secara tidaklangsung terhadap buying decision melalui mediasi physilogical positif dan signfikan, kecualicustomer cost berpengaruh secara tidak langsung terhadap buying decision melalui mediasiphysilogical negatif dan tidak signikan. Pada masa PSBB sebagai antisipasi terhadap pandemiCOVID-19 toko-toko berukuran besar dan permanen yang selama ini berperan besar dalammenyediakan kebutuhan pokok mayarakat tidak dapat beoperasi secara normal. Pengaruh jarak dankeamaman dalam berbelanja menentukan sikap konsumen untuk mengambil keputusan berbelanjadi toko terdekat dengan rumah dan dalam kondisi aman dari keramaian atau kerumunan masa. Paadsituasi ini juga memungkinkan adanya keterbatasan pasokan bahan kebutuan pokok yang menaikanharga namun tidak berdampak terhadap keputusannya untuk membeli dan telah membentukperilaku psikologis yang baru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jri

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Riset Inossa (JRI) diterbikan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Samarinda. JRI terbitĀ  pada bulan Juni dan Desember dengan EISSN 2685-3299 dan ISSN 2685-3280 Silakan baca panduan dengan seksama. Setiap naskah yang dikirim ke kantor editorial Jurnal Riset Inossa harus ...