Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi dampak customer soluiton, customer cost danconvenience terhadap physicological dan buying decision selama masa PSBB dalampenanggulangan pandemi COVID-19 di Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode samplingdegnan berdasarkan jumlah perkalian indikator variabel untuk mewakili seluruh responden yangmenggunakan sistem daftar pertanyaan yang dikelola sendiri, didesain dari lima dimensi denganmenggunakan skala likert. Pemodelan persamaan struktural berbasis varian (PLS-SEM) digunakanuntuk menguji pengajuan model struktural dengan dukungan software SmartPLS 3.2.9. Temuanpenelitian ini mengungkapkan bahwa customer solution, dan convenience berpengaruh secaralangsung langsung positif dan signfikan terhadap physicological, kecuali customer cost berpengaruhsecarfa langsung negatif dan tidak signfikan terhadap physicological. Selain itu ditemukan pula bahwa physicological berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap buying decision.Selanjutnya ditemukan bahwa consumer solution dan convenience berpengaruh secara tidaklangsung terhadap buying decision melalui mediasi physilogical positif dan signfikan, kecualicustomer cost berpengaruh secara tidak langsung terhadap buying decision melalui mediasiphysilogical negatif dan tidak signikan. Pada masa PSBB sebagai antisipasi terhadap pandemiCOVID-19 toko-toko berukuran besar dan permanen yang selama ini berperan besar dalammenyediakan kebutuhan pokok mayarakat tidak dapat beoperasi secara normal. Pengaruh jarak dankeamaman dalam berbelanja menentukan sikap konsumen untuk mengambil keputusan berbelanjadi toko terdekat dengan rumah dan dalam kondisi aman dari keramaian atau kerumunan masa. Paadsituasi ini juga memungkinkan adanya keterbatasan pasokan bahan kebutuan pokok yang menaikanharga namun tidak berdampak terhadap keputusannya untuk membeli dan telah membentukperilaku psikologis yang baru.
Copyrights © 2020