Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat respon mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan Kuantitaif. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang yang mengambil mata kuliah Kewarganegaraan, yang menjadi Sampel pada penelitian ini 70 orang yang merupakan mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang Program Studi Manajemen. Instrumen yang digunakan adalah angket respon mahasiswa selama pembelajaran daring dilaksanakan tahun 2020. Berdasarkan pengolahan dan analisis data bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh dosen pada mata kuliah Kewarganegaraan sudah dilaksanakan dengan baik. Respon mahasiswa juga sudah menyenangkan dalam pembelajaran daring, terlihat sebanyak 77,57 % merespon menyenangkan atau Sangat Siap, dan 21,43% merespon cukup menyenangkan atau Cukup Siap. Pembelajaran daring jika dilakukan dengan kesiapan yang baik maka akan mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran.
Copyrights © 2022