Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu
Vol 3, No 2 (2021): MAJALAH ILMIAH CAHAYA ILMU

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA KERTONEGORO KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER

Mohammad Ibnu Aji Santoso (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan)
Asmuni Asmuni (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Penelitian ini berfokus mencari tahu Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.217 pengguna pelayanan 2020. Jumlah sampel sebanyak 339 yang di hitung menggunakan rumus slovin. Dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Jumlah responden terpilih dalam penelitian ini sebanyak 58 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Kualitas pelayanan (X) dan Kepuasan Masyarakat (Y). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai variabel Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan masyarakat. Hal tersebut dapat di lihat dari nilai thitung > ttabel dengan nilai 3,991 > 2,001. Atau dapat di lihat nilai signifikasinya adalah 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cahayailmu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu is a (e-ISSN: 2722-208X ; p-ISSN: 2715-3339) research journal in the fields of Public Administration, Business Administration, and Social and Political Sciences. This journal is managed by the College of Development Administration and is published every February and ...