Wimba: Jurnal Komunikasi Visual
Vol. 8 No. 1 (2017)

Kajian Desain Karakter Dalam Game Overwatch dalam Kerangka Metode Perancangan Manga Matrix

Fajar Persada Supandi (Universitas Widyatama)
Alvanov Tzpalanzani Mansoor (Institut Teknologi Bandung)
Savitri Putri Ramadina (Universitas Widyatama)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2017

Abstract

Overwatch adalah game dengan genre First Person Shooter(FPS) dan juga Massive Online Battle Arena (MOBA). Terdapat 22 karakter yang dapat dipilih oleh pemain dan setiap karater memiliki kemampuan bertempur, senjata, bentuk badan, dan peran terbagi menjadi empat macam, yaitu: offense, Defense,Tanker, dan Support. 2 karakter wanita tersebut dipilih untuk menjadi objek penelitian, karena dalam permainan Overwatch, kedua karakter tersebut memiliki keterkaitan yang dibangun dengan latar belakang cerita yang kuat. Penelitian ini dilakukan dengan analisis struktur visual dengan pendekatan teori Manga Matrix. Pada 3 matrix dalam karakter yang dikaji, yaitu: matriks bentuk, matriks kostum, matriks personaliti. Hasiltemuan penelitian ini adalah manga matrix dapat diaplikasikan untuk menganalisis karakter dalamvideo game Overwatch. Akan tetapi, karena kedua karakter yang dianalisis keduanya merupakan manusia dalam bentuk wanita yang berbeda usia, mekanisme perancangan chara dalam Overwatch dibalik dari matrix personity, matrix kostum, dan terakhir menggunakan matrix bentuk. kesimpulan lainnya adalah game overwatch pada setiap karakternya lebih memfokuskan pada fungsi permainan dari masing-masing karakter. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

wimba

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Wimba Jurnal Komunikasi Visual (2085-0948) is a peer-reviewed and open access journal in the field of visual communication and aims to publish academic article and to create discussion among lecturers, students, researchers and professionals in the field of visual communication design, graphic ...