Wimba: Jurnal Komunikasi Visual
Vol. 10 No. 2 (2019)

PERANCANGAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI UNTUK REMAJA TUNARUNGU

Siti Amalia (Bandung Institute of Technology)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Kebanyakan remaja tunarungu memiliki tingkat intelegensi yang sama dengan remaja normal, hanya saja kebanyakan remaja tunarungu memiliki rata-rata prestasi di bawah remaja normal (non-ABK) dikarenakan mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan serta potensinya secara optimal. Padahal sudah tercantum dalam UUD pasal 5 ayat 1 bahwa "setiap warga negara berhak mendapatkan Pendidikan bermutu". Tingkat kemampuan berkomunikasi yang rendah mengakibatkan mereka lebih memilih untuk menghindari situasi komunikasi dengan orang yang mendengar karena tidak berani untuk menyampaikan gagasan, ragu terhadap diri sendiri dan takut salah sehingga memunculkan rasa tidak percaya diri. Kurangnya rasa percaya diri dalam diri mereka membuat mereka pasrah dalam menjalani hidup dan tidak sadar akan potensipotensi mengagumkan yang dapat mereka miliki. Ini salah satu penyebab mereka sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sehingga lebih rentan terhadap kemiskinan. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya motivasi pentingnya meningkatkan rasa percaya diri untuk kalangan remaja tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode berupa studi literatur dan metode kuantitatif berupa pengumpulan data primer melalui wawancara, observasi serta kuesioner yang dilakukan kepada siswa SLB B berusia 16-19 tahun. Hasilnya, hanya 1 dari total 12 remaja tunarungu pengisi kuesioner yang memiliki rasa percaya diri dari ketunarunguan di miliki dan banyak dari mereka yang memiliki keyakinan bahwa ketunarunguan mereka yang menghambat mereka untuk mewujudkan cita-cita atau melanjutkan sekolah setelah lulus SMA nanti. Konsep yang dipilih adalah media linear film pendek dengan teknik animasi 2D karena dianggap mampu mempersuasi remaja dengan cerita yang emosional untuk memotivasi dan memunculkan rasa percaya diri. Konsep animasi ini berfokus pada motivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi remaja tunarungu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

wimba

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Wimba Jurnal Komunikasi Visual (2085-0948) is a peer-reviewed and open access journal in the field of visual communication and aims to publish academic article and to create discussion among lecturers, students, researchers and professionals in the field of visual communication design, graphic ...