Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
VOL 8, NO 3 (2021): TARBIYAH WA TA'LIM

Bahan Ajar Menulis Esay dengan Media Herbarium Berbasis Kearifan Lokal (Studi Pengembangan pada Kurikulum Merdeka Belajar)

Endang Setyowati (IKIP Budi Utomo Malang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4 D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian dilaksanakan di IKIP Budi Utomo Malang dengan populasi seluruh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP Budi Utomo Malang yang terdaftar pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan hasil diskusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengolah maupun untuk menginterpretasikan hasil tinjauan dan uji coba produk pengembangan bahan ajar yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, menyatakan bahwa kedua aspek tersebut valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Adapun total rerata yang diperoleh dari ahli materi sebesar 89,88% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk total rerata yang didapat dari ahli media sebesar 84,83% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk uji cobakan produk skala besar menunjukkan presentase 80,67% dengan kriteria valid namun masih butuh revisi. Setelah melakukan revisi, produk diuji cobakan lagi pada skala kecil.dengan jumlah 10 mahasiwa, dan hasil yang total rerata yang diperoleh 90,25% dengan kriteria menarik dan sangat valid. Dengan demikian maka bahan ajar menulis esai dengan media herbarium berbasis kearifan local dapat dipakai untuk skala lebih besar dan luas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Tarbiyawat

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tarbiyah Wa Talim provides scientific article of education that developed in attendance through the article publications, book reviews, original research report, reviews, and scientific commentaries in Islamic education. Tarbiyah wa Talim encompasses research articles, original research report, ...