Sultan Idris Journal of Psychology and Education
Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Vol. 1. No 1, September 2021

Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Melempar dan Menangkap Bola Menggunakan Metode Demonstrasi

Yuliani Yuliani (Unknown)
Khojir Khojir (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Mujahidah Mujahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Minimnya kemampuan anak dalam menggunakan keterampilan tangan dan jari untuk melempar dan meangkap bola dikarenakan kurang optimalnya dalam oenggunaan metode pembelajaran yang melibatkan aktifitas fisik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kegiatan bermain menggunkan metode demonstrasi untuk meningkatkan motorik kasar anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif bersaam dengan guru. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Kasih Bunda Tenggarong Seberang yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dalam satu siklus, dilakukan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa bermain melemar dan menangkap bola dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dan hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada masing-masing sikulus. Nilai rata-rata tertinggi pada penelitian ini ditentukan sebesar 4 untuk masing-msing siklus. Pada pra siklus kemampuan anak rata-rata bernilai 1.6 dengan presentase 40,27% dengan kategori Belum Berkembang (BB), pada siklus ke I menjadi 3,26 dengan presentase 82,98% dengan Kategori Mulai Berkembang (MB), pada siklus ke II menjadi nilai 3,87 dengan presentase rata-rata 85% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SIJOPE

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Scope: Educational Psychology, Developmental Psychology, Organization Psychology, Clinical Psychology, and Social Psychology. This journal examines academic exploration and publishes the findings of psychological research and its application in schools, colleges, universities, Islamic educational ...