Rendahnya kemampuan koqnitif anak di kelas Abdul Mutholib Kelompok B di Tk Islam Amanah Samarinda. Sebagian besar dalam mengenal konsep bilangan 1 sampai 20 masih kurang di karnakan anak hanya menghafal dan kurang mengerti konsep bilaangan 1 sampai 20. Dan selain itu penyampaian guru yang kurang bervariasi membuat anak bosan maka perlu cara dilakukan tindakan dengaan menggunakan mediaa kaartu angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan koqnitif anak melalui media kartu angka pada anak kelompok B di Tk Islam Amanah Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus yang berulang,. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di Tk Islam Amanah Samarinda yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik penggunaan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan statistik deskripsi . Hasil penelitian pada siklus 1 diperleh aktifitas di kelompok B di Tk Islam Amanah Samarinda. Hasil dari siklus 11 maka target pencapaian tindakan sudah tercapai dengan menggunakan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1sampai 20 dikelompok B Tk Isla Amanah Samarinda.
Copyrights © 2021