SinarFe7
Vol. 1 No. 1 (2018): Sinarfe7-1A 2018

PERBAIKAN FAKTOR DAYA MENGGUNAKAN CUK CONVERTER BERBASIS PID PADA MOTOR BRUSHLESS DC

Jimmy Nilda Gregorius F. Saunoah (Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah, Surabaya)
Iradiratu D.P.K (Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah, Surabaya)
Belly Yan Dewantara (Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah, Surabaya)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2018

Abstract

Penggunaan motor brushless DC telah banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti peralatan rumah tangga maupun industri dikarenakan motor ini memiliki struktur yang sederhana, efisiensi dan torsi yang tinggi, serta menggunakan konsep komutasi elektris yang berbeda dari motor DC lainnya. Dalam pengoperasian BLDC menggunakan sumber AC, rectifier dan menghubungkan kapasitor umumnya digunakan dimana motor BLDC juga perlu gelombang saat persegi untuk bekerja, penggunaan inverter diperlukan. Inverter juga digunakan untuk tujuan kontrol kecepatan di kontrol kecepatan BLDC konvensional. Kontrol kecepatan konvensional yang hanya menggunakan DBR dan inverter menghasilkan harmonik yang besar yang berarti mengurangi faktor daya juga. Pada penelitian ini akan dikaji lagi mengenai proses power factor correction yang mereduksi harmonisa arus (THD) sumber AC dengan menggunakan cuk converter dalam pengaplikasian motor brushless DC, sehinnga berpengaruh pada kecepatan yang mengakibatkan turun nya nilai faktor daya yang telah di tetapkan oleh standar PLN 0,8. Maka dengan penelitian ini akan membahas cara untuk memperbaiki faktor daya pada motor brushless DC dengan menggunakan Cuk Converter yang menggunakan metode kontrol PID.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sinarFe7

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Publikasi ini digunakan untuk kegiatan utama FORTEI (Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia) Regional Jawa Timur atara lain: menyelaraskan pendidikan tinggi Teknik Elektro se-Indonesia melingkupi bidang pendidikan, penelitian, dan aplikasi teknologi, Mendiskusikan topik-topik nasional ...