Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional

Pelayanan Prima Sebagai Upaya Pencapaian Loyalitas Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional

Nur Imam Rhamdani (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tondano, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah suatu program yang diselenggarakan badan nonprofit yang independen, yang mana pembiayaan jaminan kesehatan dibayarkan dari iuran peserta. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan yang ditunjuk secara resmi untuk menyelenggarakan program JKN tersebut. Sebuah program jaminan sosial yang dalam perkembangannya memiliki perkembangan pesat dengan pencapaian kepesertaan sebanyak 70% dari total populasi hanya dalam jangka waktu 4 tahun. Perkembangan yang pesat dari program JKN tidak menutup adanya kekurangan yang ada, seperti kurang berkembangnya sistem pengelolaan data dan sistem pengelolaan informasi kesehatan yang berdampak pada tidak efektif dan tidak efisiennya pelayanan. Oleh karena itu, dibuatlah penelitian ini untuk mengukur sejauh mana respons peserta terhadap pelayanan administrasi peserta di kantor cabang dalam dimensi multi-RATER. Hasil penelitian menunjukkan respon positif dari peserta dengan nilai rata-rata dimensi tertinggi sebesar 94% pada dimensi Empathy. Dari hasil pengukuran tersebut diharapkan kedepannya melalui pembenahan pelayanan dapat diwujudkannya peserta yang loyal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jjkn

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional merupakan salah satu bentuk upaya pengembangan dan menjadi rujukan ilmiah bagi para akademisi dan praktisi terkait Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal ini memuat artikel-artikel terkait bidang Jaminan Kesehatan Nasional melalui berbagai pendekatan ilmiah yang ...