JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Vol 7, No 1 (2020): Juni - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LIFE SKILL UNTUK SISWA SMK JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

Despaleri Perangin-angin (Universitas Prima Indonesia)
Christin Erniati Panjaitan (Universitas Prima Indonesia)
Eka Dodi Suryanto (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran menjadi pilihan untuk menunjang proses belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa dan juga memperkuat motivasi, serta untuk menanamkan pemahaman pada siswa tentang materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Life Skill untuk siswa SMK Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model ADDIE. Selanjutnya dilakukan validasi pada media yang telah dirancang. hasil penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran berada dalam kategori Sangat Baik, berdasarkan penilaian dan validasi dari ahli media, ahli materi dan respon siswa. Hasil validasi dari ahli Media memperoleh rata-rata 93,33%, ahli materi 88,33% dan respon siswa sebagai pengguna adalah 90%. Dengan hasil ini, media pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar sesuai dengan materi dan kompetensi yang akan dicapai. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Life Skill, SMK, Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Abstract: Learning media is an option to support a fun and interesting learning process for students and also strengthen motivation, and to instill understanding in students about the material being taught. The purpose of this study was to develop Life Skill-based interactive learning media for Vocational High School Electrical Power Installation Engineering students. This study uses a research and development model. The learning media development procedure used in this study adapted from the ADDIE model. Furthermore, validation is carried out on the media that has been designed. The results of this study are the development of learning media in the Very Good category, based on the assessment and validation of media experts, material experts and student responses. The results of the validation of the media expert obtained an average of 93.33%, the material expert was 88.33% and the student response as a user was 90%. With these results, the learning media developed can be applied in the teaching and learning process in accordance with the material and competencies to be achieved.. Keywords: Learning Media, Life Skills, Vocational High School, Electrical Power Installation Engineering.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil ...