JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Vol 9, No 1 (2022): Juni - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE SIMULASI NI MULTISIM PADA MATA KULIAH RANGKAIAN LISTRIK DC

Mega Silfia Dewy (Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unimed)
Muhammad Isnaini (Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unimed)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Abstrak : Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran berupa modul pembelajaran berbassi Software simulasi Ni Multisim pada mata kuliah rangkaian listrik DC. Pengembangan modul ini bertujuan untuk menyediakan alternatif media pembelajaran yang dapat memfasilitasi mahasiswa untuk belajar secara aktif, kreatif dan mandiri tanpa adanya keterbatasan ruang, waktu ataupun adanya pendidik. Metode yagn digunakan dalam peneltian ini adalah metode Research and Development (R & D) serta model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D (Define, Design, Develop and Disseminate). Dalam penelitian ini, tekni analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan tingkat validitas serta tingkat kemudahan dan keterbacaan modul. Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu: validitasi modul pembelajaran dinyatakan valid pada aspek materi/ isi, aspek penyajian dan format, serta dari hasil ujiketerbcaan modu, didapatkan hasil bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan mudah untuk dipahami sehingga layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mandiri. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Validitas, Uji Keterbacaan, Model 4-D Abstract : This development research aims to develop a learning product in the form of a learning module based on the Ni Multisim simulation software in the DC electric circuit course. The development of this module aims to provide alternative learning media that can facilitate students to learn actively, creatively and independently without the limitations of space, time or the presence of educators. The method used in this research is the Research and Development (R & D) method and the development model used is 4-D Model (Define, Design, Develop and Disseminate). In this study, the data analysis technique used is descriptive analysis technique, which describes the level of validity and the level of ease and readability of the module. The results of this research and development are: the validity of the learning module is declared valid in the material/content aspect, presentation and format aspect, and from the module readability test results, it is found that the learning module developed is easy to understand so it is suitable to be used as an alternative independent learning media. Keywords: Learning Module, Validity, Readability Test, 4-D Model

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil ...