Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2021)

VIDEO MATH FEST: SARANA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL OLEH WALI SISWA JENJANG SEKOLAH DASAR

Fanny Adibah (IKIP Widya Darma Surabaya)
Ira Wulan Sari (IKIP Widya Darma Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Kekacauan yang terjadi akibat pandemi Covid 19 memaksa berbagai aktivitas dilakukan secara daring, termasuk proses pembelajaran bagi anak-anak usia sekolah. Sistem belajar dengan konsep jarak jauh di tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi ini dilakukan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Penggunaan gawai oleh anak-anak yang sebelumnya dilarang atau dibatasi, sekarang justru menjadi kebutuhan sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital wali siswa agar dapat menanamkan literasi digital pada anggota keluarganya sehingga lebih banyak manfaat teknologi digital yang diraih dan meminimalkan dampak negatif. Kegiatan pengabdian ini berbentuk penyelenggaraan lomba/festival dengan konten video belajar matematika dari rumah bersama orang tua (pendamping) yang asyik dan menyenangkan dengan namaVideo Math Fest. Hasil kegiatan pengabdian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan diperoleh kesimpulan bahwa analisis rata-rata literasi digital wali siswa dilihat dari penilaian produk video yang mereka buat berada pada ketegori “tinggi” diikuti dengan rata-rata hasil respons positif di setiap aspek kegiatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

transformatif

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Social Sciences

Description

The focus of this journal is to disseminate research results based on community services, increasing the capacity of society and community empowerment, and innovations of community empowerment. This journal covers textual and fieldwork studies on those issues from various fields including education, ...