Jurnal Faksi : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 5 No. 2 (2020): Maret

INTERNALISASI KEJUJURAN BIROKRASI (Studi Model Transparansi Aset Tetap dengan SIMDA Barang Milik Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sorong )

M. Ihwan (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Bustamin Wahid (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Hermanto Suaib (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Ummu Salmah (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2021

Abstract

Tujuan dalam kajian penelitian ada dua, pertama: bagiaman mendeskripsikan tentang internalisasin makna kujujuran dalam kinerja  Birokrasi yang diamanatkan oleh regulasi di dinas Lingkungan Hidup (LH) Kab. Sorong. Kedua: Mendeskipsikan model transparansi dalam laproan melalui SIMDA-BMD di lingkungan dinas Lingkungan Hidup (LH) Kab. Sorong. Saduran konsep internaslisasi dari Bergger digunakan untuk menganalisi filosofi kejujuran birokrasi dalam sistem pengelolan aset daerah. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dan setingan lokasi penelitian kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong. Teknik Analisis data dengan pendekatan Yiem, Cara pengambilan dengan wawancara, observasi dan studi literatul. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas laporan keuangan dalam bentuk neraca keuangan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong sudah akuntabel dan transparan karena Dinas Lingkungan Hidup sudah menginplementasikan SIMDA-BMD yang membantu mengefisiensikan dan mengefektifkan di dalam pengelolaan dan penatausahaan aset barang milik daerah sesuai peraturan dan perUndang-Undangan yang berlaku.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Faksi : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik is an open access, and peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from researchers and practitioners on various contemporary social and political issues: gender politics and identity, digital society and ...