Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO)
Vol 21 No 2 (2020): TEKINFO, Vol. 21, No. 2, Oktober 2020

Analisa Transformasi Digital Untuk Layanan Konsumen Asuransi Kesehatan PT. XYZ Menggunakan Perancangan Enterprise Architecture Dengan Metode TOGAF

Fahrul Nurzaman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2020

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi menjadi satu keharusan yang harus diikuti oleh setiap perusahaan untuk mendukung operasional bisnis dan layanan kepada konsumen nya. Dengan perkembangan Teknologi Informasi menyebabkan ada nya pergeseran dalam hal mengakses dan mendistribusikan dokumen dan informasi dari manual menjadi digital. PT XYZ adalah perusahaan Jasa yang bergerak di bidang Asuransi Kesehatan melakukan implementasi Teknologi Informasi dengan proses perubahan menuju digitalisasi dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen. Untuk dapat memanfaatkan peran Teknologi Informasi secara maksimal sehingga terwujud digitalisasi pelayanan yang prima kepada konsumen, maka perlu dilakukan perancangan Enterprise Architecture sebagai bentuk transformasi digital dalam mendukung pelayanan prima di PT XYZ. Perancangan Enterprise Architecture pada penelitian ini menggunakan pendekatan TOGAF karena di nilai sesuai dengan kebutuhan PT XYZ yang mendefinisikan domain bisnis, data, aplikasi, dan teknologi. Hasil dari perancangan Enterprise Architecture ini adalah berupa Blueprint Enterprise Architecture PT XYZ sebagai panduan untuk melakukan transformasi digital dalam mendukung layanan perusahaan kepada konsumen

Copyrights © 2020