Buletin Poltanesa
Vol 23 No 1 (2022): Juni 2022

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tanaman Hias Terbaik Untuk di Dalam Ruangan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Muhammad Labib Jundillah (Sistem Informasi, Universitas Mulawarman)
Ramadiani (Informatika, Universitas Mulawarman)
Heliza Rahmania Hatta (Informatika, Universitas Mulawarman)
Nadia Christin Borneo S (Informatika, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Tanaman hias merupakan tanaman yang sangat diminati belakangan ini karena nilai keindahan dan daya tariknya. Tanaman hias merupakan aspek yang penting karena mampu menjaga kesehatan lingkungan, semakin banyak tanaman hias semakin bagus juga untuk memperindah lingkungan. Tanaman yang terdapat di dalam ruangan dapat meningkatkan kualitas udara dan kenyaman udara, sering sekali terjadi kesalahan dalam pemilihan tanaman hias sehingga dapat menyebabkan ruangan terlihat kumuh di penuhi hewan seperti nyamuk. Oleh karena itu dalam melakukan pemilihan tanaman hias yang terbaik untuk di dalam ruangan harus memperhatikan kriteria berdasarkan faktor kualitas tanaman hias. Perlunya sistem pendukung keputusan untuk mempermudah dalam pemilihan tanaman hias secara cepat dan tepat sesuai dengan kriteria yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk melakukan perangkingan alternatif. Kriteria yang digunakan sebanyak 6 yaitu ukuran tanaman, daya tahan, pencahayaan, harga, media tanam, warna dan perawatan, sedangkan alternatif yang digunakan sebanyak 20 jenis tanaman hias yang ada di Toko Bunga Taman Puri Indah Kota Samarinda sebagai tempat penelitian. Implementasi dengan metode SAW menghasilkan rekomendasi tanaman hias yaitu Sansevieria Cylindrica dengan nilai preferensi 0,83 merupakan nilai tertinggi dibandingkan dengan alternatif lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...