Psyche 165 Journal
Vol. 15 (2022) No. 1

Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Agresif pada Siswa SMA di Yogyakarta

Mu'mina Kurniawati S J Kahar (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia)
Nina Zulida Situmorang (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia)
Siti Urbayatun (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan buat mengenali hubungan antara regulasi emosi serta perilaku agresif pada siswa SMA di Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 100 siswa yang diperoleh dengan metode cluster random sampling. Metode yang digunakan merupakan Metode kuantitatif dengan skala perilaku agresif serta skala regulasi emosi selaku perlengkapan pengumpulan data. Analisis data yang dipakai merupakan teknik analisis product moment. Ada hubungan positif yang signifikan antara regulasi emosional dengan perilaku agresif pada siswa SMA di Yogyakarta dengan pergantian nilai F sebesar 59, 314 dengan tingkatan signifikansi 0, 000 (p <0,01) yang sangat signifikan dengan kontribusi efektif sebesar 37, 7%. Kesimpulan dari penelitian ini merupakan ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku agresif. Semakin besar regulasi emosi maka rendah pula perilaku agresif siswa SMA di Yogyakarta, dan semakin rendah regulasi emosi maka tinggi pula perilaku agresif pada siswa SMA di Yogyakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsy165

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Nursing Social Sciences Other

Description

Psyche 165 Journal is an interdisciplinary journal that publishes empirical research, theoretical articles, and selected reviews in applied areas of psychology (other than applied experimental or human factors), including: Behavioral Psychology Clinical Psychology Cognitive Psychology Counseling ...