Jurnal Agregat Journal of Economic Education
Vol 1 No 2 (2020): JURNAL AGREGAT VOL.I NO.2 DESEMBER 2020

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA VII7 DENGAN MODEL MAKE A MATCH SMPN 15 PEKANBARU: Mardahlena, Henri Yanto Daulay, Asri Neli Putri

Mardahlena Mardahlena (Unknown)
Henri Yanto Daulay (Unknown)
Asri Neli Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Latar belakang masalah adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan hanya sebagian siswa yang menyelesaikan tugas sesuai waktu yang diberikan oleh guru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus difokuskan pada materi tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Pekanbaru dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII7. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi HAM. Hal ini terbukti dari aktifitas belajar siswa dan guru serta hasil perolehan belajar siswa yang meningkat, Pada Siklus Ke I aktifitas guru memperoleh skor 35 dengan kategori sempurna dan aktifitas belajar siswa memperoleh skor 143 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 80. Pada siklus ke II aktifitas guru menujukkan adanya peningkatan menjadi skor 43 dengan kategori sangat sempurna dan aktifitas siswa menjadi skor 212 dengan kategori sangat tinggi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata rata 88,8. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan siklus II adalah 9%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

agregat

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Agregat is Journal of Economic Education, Economics and Business. Published by the Economic Education Study. This scientific periodical journal focuses on the study of Economic Education, Economics, Management, Social and Business. This journal is published twice a year. Registration process ...