Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan fasilitas perpustakaan terhadap hasil belajar siswa kelas XI ADP di SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Populasi dari penelitia ni 150 siswa dan saya mengambil Sampel sejumlah 60 siswa. Variabel yang menjadi fokus penelitian ini adalah fasilitas perpustakaan, hasil belajar siswa, fasilitas perpustakaan sebagai variabel (X) dan hasil belajar sebagai variabel (Y). metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan dibantu alat SPSS 17.for windows. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dianalisis dengan menggunakan uji t atau statistika pada derajat kepercayaan (dk) = 0,05 nilai t hitung = 14,79 dan t table = 1,686 jadi t hitung> t table. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari derajat penentu (koefisien determinasi), (r2) sebagai berikut r2 = 0,79 (79%)yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan fasilitas perpustakaan sebesar 79% sedangkan 21% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diangkat dalam penelitian ini. Berdasarkan dari data penelitian dan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari pengunaan fasilitas perpustakaan terhadap hasil belajar siswa terlihat dari pengamatan dan hasil analisis.
Copyrights © 2020