Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar di SMA N 4 Mandau, Duri, Riau. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 4 yang belajar ekonomi, sedangkan objeknya adalah kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 4 Mandau. Informan kunci dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di mulai dari X IPS 1 Hingga X IPS 5, dalam melakukan proses pembelajaran berjumlah 173 orang dan informan tambahan adalah 1 orang guru ekonomi yang mengajar kelas X di SMA N 4 Mandau. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, Kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMAN N 4 Mandau berkategori kemampuan berpikir kritis nya sedang, Karena kurang nya metode pembelajaran yang di kembangkan guru Ekonomi Kelas X IPS dan siswa harus lebih aktif mencari hal hal yang belum di ketahui.
Copyrights © 2021