Journal of Economics Development Issues
Vol 2 No 01 (2019): Journal of Economics Development Issues

ANALISIS HUBUNGAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT, EKSPOR, PENGELUARAN PEMERINTAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA MENGGUNAKAN VECTOR AUTOREGRESSION (VAR)

khoirul ifa (STIE Widya Gama Lumajang)
Fitria Ardiansyah (Universitas Negeri Jember)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dua arah antara Foreign Direct Investment (FDI) ekpor, pengeluaran pemerintah dan Pertumbuhan Ekonomi. Secara empiris penelitian ini menggunakan data time series periode tahun 1981-2015. Penelitian ini menggunakan model Vector Auto Regressive (VAR) untuk melihat hubungan antara FDI, Ekspor, Pengeluaran Pemerintah dan GDP. Berdasarkan uji stasioneritas data, semua variabel telah stasioner pada tingkat first difference, panjang lag yang optimum terletak pada lag 2, hasil pengujian Granger Causality menunjukkan terdapat hubungan antara FDI terhadap GDP namun tidak ada hubungan antara GDP dengan FDI, hal ini dapat disimpulkan terdapat hubungan namun tidak searah/timbal balik, sedangkan tidak ada hubungan antara ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi (GDP) dan sebaliknya. Sementara disisi lain tidak terdapat hubungan antara pengeluaran pemerintah terhadap FDI namun terdapat hubungan antara FDI terhadap pengeluaran pemerintah. Hubungan antara ekspor terhadap FDI dan sebaliknya FDI terhadap ekspor tidak terdapat hubungan sama sekali antara kedua variabel tersebut. Tidak terdapat hubungan antara pengeluaran pemerintah terhadap FDI, namun terdapat hubungan antara FDI terhadap GDP. Terdapat hubungan antara pengeluaran pemerintah terhadap ekspor, dan tidak terdapat hubungan antara ekspor terhadap pengeluaran pemerintah. Sementara pada uji Johansen Cointegration Test menunjukkan data tidak terkointegrasi, sedangkan uji Implus Respon Function (IRF) juga menunjukkan respon FDI terhadap ekspor, pengeluaran pemerintah dan pertumbuhan ekonomi (GDP) lebih kecil dibandingkan respon sebaliknya untuk semua variabel lain.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jedi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics Development Issues (JEDI) is a scientific journal published by UPN "Veteran" Jawa Timur and the scientific media for researchers and lecturers who will publish the results of their research. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of ...