Journal of Economics Development Issues
Vol 2 No 02 (2019): Journal of Economics Development Issues

Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah: Perbandingan Negara-Negara Di Asia Tenggara (The Local Government Financial Performance: Southeast Asia Countries Comparison)

Sumini Sumini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Shinta Permata Sari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2019

Abstract

New public management memberi pengaruh terhadap tata kelola yang lebih baik untuk keuangan pemerintah daerah pada banyak negara di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan pemerintah pusat mengembangkan perbaikan pengelolaan pemerintah daerah dengan memberikan transfer dari pemerintah pusat ke daerah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja keuangan di negara-negara Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Negara-negara Asia Tenggara diambil sebagai sampel karena negara-negara di kawasan ini memiliki beberapa kesamaan dalam kegiatan pemerintah. Pendapatan dan pengeluaran pemerintah daerah masing-masing pemerintah daerah di setiap negara digunakan sebagai indikator kinerja keuangan. Data dianalisis menggunakan analisis varian. Hasil menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kinerja keuangan di negara-negara Asia Tenggara. Oleh karena itu, keempat negara di kawasan Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina mampu melakukan tata kelola pemerintahan yang baik untuk masyarakat. Kata Kunci:kinerja keuangan, pendapatam dan belanja daerah, negara-negara Asia Tenggara.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jedi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics Development Issues (JEDI) is a scientific journal published by UPN "Veteran" Jawa Timur and the scientific media for researchers and lecturers who will publish the results of their research. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of ...