Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 13 No 2

Implementasi model pembelajaran Carousel Feedback dipadukan dengan metode Fish Bowl guna meningkatkan prestasi belajar siswa

Rahidatul Laila Agustina (Unknown)
Rifda Mardian Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V diperoleh informasi bahwa nilai ulangan harian siswa rata-rata berada di bawah KKM dan masih ditemui gejala-gejala di kelas V pada pelajaran Sains sebagai berikut: (1) dalam proses pembelajaran siswa jarang mengajukan pertanyaan ataupun memberikan tanggapan. (2) dalam proses pembelajaran sebagian besar siswa kurang aktif, (3) siswa cepat merasa bosan dalam proses pembelajaran. (4) sebagian siswa ada yang mengantuk ketika guru menyampaikan materi pelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran carousel feedback dipadukan metode fishbowl. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran carousel feedback dipadukan dengan metode fishbowl untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cahaya Baru, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bersifat kolaborasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes yang dilaksanakan minimal dalam dua siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Prestasi belajar siswa dikatakan memenuhi kriteria jika siswa yang mendapatkan skor lebih dari atau sama dengan 72 paling sedikit 75% dari jumlah siswa di kelas penelitian. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa baik secara individu maupun klasikal dari siklus I adalah 35% dan meningkat menjadi 94% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran carousel feedback dipadukan dengan metode fish bowl dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Cahaya Baru tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpl

Publisher

Subject

Arts Education Mathematics Other

Description

Lentera merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan ilmu-ilmu kependidikan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3MP) STKIP PGRI ...