Kebutuhan akan sarana transportasi semakin meningkat diiringi berbagai macam gaya hidup masyarakat yang menginginkan segala sesuatunya lebih cepat dan praktis, hal itu membuat terbukanya usaha di bidang jasa transportasi khususnya di kota Makassar dan sekitarnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasaan pelanggan terhadap layanan sewa kendaraan di Assa Rent Makassar saat pandemi Covid-19 dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematik hingga lebih mudah dipahami. Data yang dikumpulkan bersifat deskriptif sehingga tidak bermaksud mencari penjelasan, menguji hipotesa, membuat prediksi, maupun mempelajari implikasinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan deskripsi data kepuasan pelanggan terhadap layanan sewa kendaraan di Assa Rent Makassar berada dalam kategori memuaskan dengan mean (55,65), median (54), dan modus (51) dengan standar deviasi sebesar 8,374. Berdasarkan hasil persentase sebanyak 46,2% dari total seluruh responden yang menyatakan sikap puas terhadap layanan yang diberikan, sebanyak 35,2% menyatakan sikap sangat puas, dan sebanyak 9,3% menyatakan netral dan tidak puas, sementara tidak ada satu pun yang menyatakan sikap sangat tidak puas. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan sewa kendaraan di Assa Rent Makassar yaitu dari segi aspek layanan, aspek service/maintenance, dan aspek tempat pelayanan.
Copyrights © 2021