Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif
Vol. 5 No. 2 (2021): Juni 2021

HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER V STIKES TANA TORAJA TAHUN 2021

Catherina Bannepadang (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tana Toraja)
Tandi Palette (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tana Toraja)
Dewi Ramida Siagia (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tana Toraja)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Pembelajaran daring merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan secara online. Prestasi akademik merupakan hasil dari proses belajar mahasiswa yang diperoleh selama masa perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan prestasi akademik. Penelitian ini dilakukan di STIKES Tana Toraja pada bulan April sampai bulan Juni 2021. Desain penelitian ini yaitu deskriptif retrospektif yaitu metode yang dilakukan dengan tujuan utama membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif dengan melihat ke belakang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, dengan jumlah sampel 44 responden. Hasil penelitian ini berdasarkan uji Kolmogorov Simirnov diperoleh bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara pembelajaran daring dengan prestasi akademik mahasiswa, dengan nilai (p=0.751). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara pembelajaran daring dengan prestasi akademik. Berdasarkan penelitian ini diharapkan untuk lebih memfasilitasi mahasiswa dalam pembelajaran daring dan tetap mengembangkan metode pembelajaran daring supaya lebih efektif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikp

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif adalah media publikasi ilmiah hasil penelitian yang relevan dengan peningkatan ilmu dan teknologi pendidikan kesehatan, yang diterbitkan oleh STIKES Tana ...