Journal of Foreign Language Studies, Linguistics, Education, Literatures, Cultures, and Sinology
Vol 2, No 1 (February 2022) WENCHUANG

KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS V SD SWASTA FRATER THAMRIN MAKASSAR MAKASSAR

Indra Amriadi (Universitas Negeri Makassar)
Ambo Dalle (Unknown)
Arini Junaeny (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi menulis kalimat siswa kelas IV SD Swasta Frater Thamrin. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Swasta Frater Thamrin yang berjumlah 15 siswa. Jumlah sampel terdiri atas 15 orang siswa yang didapatkan secara Total Sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes menulis kalimat dan pemberian angket. Hasil tes menulis kalimat siswa menunjukkan rata-rata  78,6% dan berada pada kategori Baik. Dari hasil penyebaran angket diperoleh data bahwa ada dua faktor berperan penting dalam memengaruhi kemampuan menulis kalimat siswa yakni: 1) faktor pendukung berupa guru selalu membantu siswa ketika ada masalah dalam mempelajari bahasa Mandarin. 2) Faktor penghambat berdasarkan dari pernyataan siswa yakni : Bahasa Mandarin merupakan pelajaran yang susah, guru seharusnya memberikan siswa tugas kelompok latihan menulis kalimat bahasa Mandarin, Siswa hendaknya latihan dan mengulang pelajaran yang diberikan oleh guru baik diluar jam pelajaran maupun di rumah.Kata kunci : Bahasa Mandarin, Kemampuan, Menulis kalimat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WenChuang

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wen Chuang Journal is published by the Chinese Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object ...