Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika November 2018

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Sahrun Nisa (Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2018

Abstract

Peneitian ini didasari bahwa siswa sekolah dasar masih dalam taraf berfikir operasional konkrit. Oleh karena itu dibutuhkan suatu strategi yang dapat menjembatani antara taraf berfikir siswa dengan sifat matematika yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh antara pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan strategi Example Non Example. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan sampel sebanyak 25 orang siswa dikelas ekperimen dan 28 orang siswa di kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan pada model PBL menggunakan strategi Example Non Example dengan siswa yang hanya dibelajarkan dengan model PBL saja. Besar pengaruh ditinjau dari rata – rata hasil belajar sebesar 21,64 %. Siswa dikelas yang belajar dengan model PBL strategi Example Non Example juga lebih aktif terlibat dalam pembelajaran dibandingkan dengan model PBL.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpri

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Focus and scope of Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika are the results of research and critical analysis studies in the field of mathematics education and learning, including: 1. Curriculum Development of Mathematics Education 2. Teaching and learning mathematics 3. Educational technology 4. HOTS ...