Journal Nursing Care Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Gorontalo
Vol 1, No 1 (2015): JOURNAL NURSING CARE

Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Imunisasi DPT Combo dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Bayi di Puskesmas Botupingge Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango.

RINI FAHRIANI ZEES (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

Imunisasi merupakan salah satu pelayanan kesehatan dasar yang memegang peranan dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Pengetahuan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kelengkapan imunisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang imunisasi DPT Combo dengan kelengkapan imunisasi dasar pada bayi. Jenis penelitian ini adalah desktiptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 95 responden dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan ibu tentang imunisasi DPT Combo dengan kelengkapan imunisasi dasar pada bayi 0-9 bulan (8,88 > 5,991) X²hitung lebih besar dari X²tabel (α=0,05). Diharapkan bagi responden untuk secara aktif dalam mengakses informasi tentang imunisasi melalui media massa, elektronik dan internet dan bagi petugas kesehatan agar menggunakan metode dan media yg lebih menarik dalam memberikan penyuluhan imunisasi DPT Combo.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JNC

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology

Description

The aim of JNC is to promote excellence in nursing sciences and practice through the dissemination of the latest, evidence-based, peer-reviewed clinical information and original research. This journal covers a wide range and considers articles of nursing on all aspects of nursing area such as ...