Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam berbicara melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Satu Atap Pakkalolo Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu total sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 27 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kempuan berbicara siswa SMP Negeri 1 Pakkalolo Satu Atap Kecamatan Bua Kabupaten Luwu. Hal ini ditunjukan berdasarkan peningkatan pengolahan data dari tes awal secara kuantitatif yang menunjukan nilai rata- rata siswa yakni 57,74% berada pada rentang nilai 69 – 55 dikategorikan cukup. Sedangkan, data dari data dari tes akhir menunjukan nilai rata-rata 79,67% berada pada rentang nilai 75 – 84 dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakkalolo Satu Atap Kecamatan Bua Kabupaten Luwu.
Copyrights © 2021