Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action research) dengan menerapkan model Pembelajaran Practice Rehearsal Pair- PRP yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Subjek penelitian merupakan mahasiswa STKIP-PI Prodi Pendidikan Ekonomi semester II kelas D tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdapat empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan signifikan pada aktifitas dan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehersal Pair-PRP. Pada siklus I persentase mahasiswa yang mengerjakan soal latihan dengan benar 41,1% sedangkan pada siklus II 73,3%, jumlah siswa yang bersemangat dalam membentuk kelompok diskusi 77,8% sedangkan pada siklus II 93,3%. Semetara untuk perolehan nilai tertinggi pada siklus I yaitu 80, sedangkan pada siklus II yaitu 85, nilai terendah pada siklus I adalah 50, sedangkan pada siklus II adalah 65, nilai rata- rata pada siklus I yaitu 67,83, sedangkan pada siklus II adalah 84,03, mahasiswa yang tuntas belajar pada siklus I yaitu 17 orang, sedangkan pada siklus II adalah 27 orang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktifitas belajar dan hasil belajar mahasiswa dengan adanya penerapan model pembelajaran Practice Rehersal Pair.
Copyrights © 2022