TEKNIK
Vol. 43, No. 1 (2022): Mei 2022

Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Perusahaan Menggunakan Domain DSS dan MEA Kerangka Kerja COBIT 2019 (Studi Kasus: Fakultas Teknik UNDIP)

Ike Pertiwi Windasari (Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro)
Monanzarifa Yonanta Yonanta (Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro)
Ratna Yuli Himawati (Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro)
Adian Fatchur Rochim (Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Teknologi informasi dibutuhkan oleh Fakultas Teknik Universitas Diponegoro untuk mendukung pencapaian tujuan fakultas. Fakultas ini telah menerapkan dan mengandalkan teknologi informasi untuk proses administrasi, kegiatan belajar mengajar maupun dalam melakukan proses bisnisnya sejak tahun 2004. Permasalahan yang ditemukan adalah apakah penerapan teknologi informasi telah sesuai dengan yang diharapkan oleh Fakultas Teknik UNDIP. Maka dari itu, penelitian tentang audit tata kelola terhadap teknologi informasi perlu dilakukan untuk menentukan prioritisasi management objectives, capability level saat ini, perbandingan kondisi tata kelola TI dengan tahun 2014, management objectives yang telah tercapai, dan memberikan beberapa rekomedasi. Kerangka kerja yang digunakan adalah COBIT 2019 pada dua parameter DSS (Deliver, Service, and Support) dan MEA (Monitor, Evaluate, and Assess). Berdasarkan hasil penelitian, hasil rata-rata capability level Fakultas Teknik saat ini menurut domain DSS dan MEA COBIT 2019 berada di level 1 (performed) dengan nilai rata-ratanya sebesar 36%. Fakultas Teknik mengalami penurunan, namun tujuannya kurang lebih telah tercapai melalui penerapan serangkaian aktivitas yang tidak lengkap/tidak terorganisir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu rekayasa/keteknikan. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal TEKNIK meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas), atau komentar atau ...