Jurnal Kedokteran Syiah Kuala
Vol 22, No 1 (2022): Volume 22 Nomor 1 Maret 2022

Hemoglobin dan Adekuasi Berkorelasi dengan Kualitas Hidup dan Kinerja Jantung Pada Pasien Hemodialisis

Hardi Yanis (Divisi Ginjal Hipertensi Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Abdullah Abdullah (Divisi Ginjal Hipertensi Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Desi Salwani (Divisi Ginjal Hipertensi Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Muhammad Diah (Divisi Kardiovaskuler Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Muhsin Muhsin (Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Maimun Syukri (Divisi Ginjal Hipertensi Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Pendahuluan. Penyait Ginjal Stadium Akhir (end stage renal disease, ESRD) merupakan stadium Penyakit Ginjal Kronis (PGK) yang memerlukan terapi pengganti ginjal termasuk hemodialisis (HD). Indikator keberhasilan HD termasuk kinerja jantung dan kualitas hidup pasien diyakini tergantung pada indikator proses yang meliputi kecukupan (adekuasi) HD, kejadian anemia serta malfungsi akses vaskular dan infeksi. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara indikator proses dan indikator hasil pasien HD. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan kohort yang melibatkan 350 pasien dari 5 unit HD di Provinsi Aceh. Data diperoleh dari rekam medis pasien, sedangkan kualitas hidup pasien HD dinilai dengan kuesioner Kidney Disease Quality of Life (KDQoL). Kinerja jantung dinilai dengan menggunakan ekokardiografi. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara hemoglobin (Hb) dan adekuasi HD dengan fraksi ejeksi pasien yang menjalani HD. Selain itu, penelitian ini juga menemukan hubungan positif yang signifikan antara Hb dan adekuasi dengan kualitas hidup pasien HD, terutama fungsi fisik dan kesejahteraan emosional. Kesimpulan. Adanya korelasi positif antara Hb dan adekuasi HD dengan kinerja jantung dan kualitas hidup menunjukkan pentingnya indikator proses dalam meningkatkan kualitas pelayanan HD serta pasien HD.

Copyrights © 2022