LaGeografiA
Vol 20, No 3 (2022): Juni

Pengukuran Sikap Ilmiah Mahasiswa Pada Materi Pengaruh Aspek Geografis Terhadap Sebaran Hewan

Muhammad Yusuf (Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Andi Andariana (Program Studi Pendidikan Biologi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pembangunan Indonesia Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Scientific attitude is a habit of thinking related to scientific thinking which has implications for cognitive abilities and character in behavior. The purpose of this study was to measure and get an overview of the scientific attitude of the Makassar Indonesia Development STKIP students. Data was obtained by random sampling involving 67 semester 5 students. The instrument in this study was a questionnaire containing eight indicators including: curiosity, discipline, positive attitude towards failure, intellectual honesty, objectivity, open-mindedness, humility and cooperation. The results showed that the scientific attitude of students was still less than optimal for all aspects. It is necessary to empower scientific attitudes, among others, through innovative and creative learning strategies or models.AbstrakSikap ilmiah merupakan kebiasaan berpikir yang terkait dengan pemikiran ilmiah yang berimplikasi terhadap kemampuan kognitif dan karakter di dalam perilakunya. Tujuan penelitian ini untuk mengukur dan mendapatkan gambaran umum sikap ilmiah mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia Makassar. Data diperoleh secara random sampling dengan melibatkan 67 mahasiswa semester 5. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner yang berisi delapan indikator meliputi: keingintahuan, kedisiplinan, bersifat positif terhadap kegagalan, kejujuran intelektual, objektivitas, berpikiran terbuka, kerendahan hati dan kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah mahasiswa masih kurang optimal untuk semua aspek. Perlu dilakukan pemberdayaan sikap ilmiah antara lain melalui strategi atau model pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Lageografia

Publisher

Subject

Humanities Education Physics Social Sciences Other

Description

LaGeografia adalah open journal system yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar. LaGeografia adalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun setiap bulan Oktober, ...