JURNAL TEKNIK MESIN
Vol 10, No 3 (2022): VOLUME 10, NOMOR 3, JULI 2022

ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR RANGKA DASAR SAFETY SURGICAL CHAIR YANG DIGUNAKAN OLEH DOKTER BEDAH LAPAROSKOPI

William Partogi Hutagaol (Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275)
J Jamari (Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275)
Mohammad Tauviqirrahman (Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam melakukan aktifitas adalah kaki. Orang yang memiliki kaki yang sehat dapat menompang beban tubuh dengan sempurna. Oleh karena itu, ada saatnya kaki mengalami fatigue. Di dunia kedokteran, dokter tentu pernah merasakan fatigue terlebih saat melakukan operasi dengan durasi yang cukup lama, kondisi itu disebut Surgeon Fatigue. Surgeon Fatigue menyebabkan otot – otot pada kaki, punggung serta leher dokter bedah mendapatkan pembebanan secara kontinyu yang dapat menyebabkan otot – otot mengalami kontraksi dan kekakuan. Apabila diperparah dari pola makan yang tidak teratur dan terbatasnya waktu olahraga dapat berdampak jangka panjang pada dokter bedah. Dengan perkembangan teknologi dalam material, desain, dan manufaktur, untuk mengurangi dampak kelelahan tersebut dilakukan penelitian mendesain kursi yaitu Safety Surgical Chair yang akan digunakan oleh dokter bedah laparoskopi. Dalam proses desain menggunakan solidworks, setelah selesai dilakukan analisis kekuatan pada dasar sturuktur Safety Surgical Chair. Sehingga dapat diketahui kursi tersebut sudah cukup kuat untuk digunakan dokter bedah laparoskopi.

Copyrights © 2022