Department of Naval Architecture
Vol 10, No 2 (2022): April

Analisa Pengaruh Parameter Jarak Partikel, Angka CFL, dan Koefisien Artificial Viscosity Terhadap Akurasi Pemodelan Gelombang dengan SPH

Ilham Abror (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Andi Trimulyono (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Hartono Yudo (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Dinamika fluida komputasi telah banyak digunakan dalam proses pembuatan kapal. Banyak metode untuk menganalisis fluida secara komputasi. Salah satunya dengan menggunakan metode SPH yang kerap digunakan dalam dunia kemaritiman untuk menganalisa tentang fluida. Dalam SPH medium tangki yang digunakan biasanya berukuran medium dengan jumlah gelombang 3 – 4. Sehingga beberapa variabel tidak cocok untuk digunakan dalam kasus gelombang panjang yang jumlah gelombangnya melebihi 4 dan tengki yang yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan parameter yang cocok untuk long distance propagatioan. Penelitian ini akan membahas kesensitifan parameter dp, CFL, dan koefisien artificial viscosity. Untuk nilai dp yang cocok digunaka adalah rentang 3-6mm, CFL dengang rentang nilai 0.2 dan koefisien artificial viscosity 0.001. Sehingg dapat disimpulkan bahwa nilai dp, CFL, dan koefisien artificial viscosity sangat berpengaruh pada simulasi numerik gelombang long distance propagation.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

naval

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan yang berisi artikel karya ilmiah mahasiswa program Sarjana Teknik Perkapalan universitas ...