Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan
Vol 1, No 1 (2014): April

IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING BY THE CONSTRUCTIVE APPROACH (BLCA) DALAM PEMBELAJARAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Dian Wahyuningsih (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta)
C. Asri Budiningsih (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2014

Abstract

Implementasi blended learning by the constructive approach (BLCA) dalam pembelajaran interaksi manusia dan komputer bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar dalam pembelajaran interaksi manusia dan komputer (IMK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 50 orang mahasiswa Prodi TP FIP UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa,pemahaman konsep dalam pembelajaran IMK meningkat melalui implementasi BLCA dengan rerata nilai tes pada siklus I yaitu 67,56; siklus II menjadi 73,2, dan siklus III menjadi 80,9. Kemandirian belajar dalam pembelajaran IMK meningkat melalui implementasi BLCA, dengan rerata skor angket siklus I yaitu 61,52; siklus II menjadi 64,98; dan siklus III menjadi 68,46. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi BLCAdapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar dalam pembelajaran IMK. Kata kunci: blended learning, constructive approach, interaksi manusia dan komputer, pemahaman konsep, kemandirian belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in educational technology. The focus of the journal is innovative works on the development of educational multimedia and e-learning which ...