Penelitian ini berjudul PEMBELAJARAN ORKESTRA KELAS 11 JURUSAN SENI MUSIK KLASIK SMKN 2 CIBINONG. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pemilihan materi pembelajaran orkestra Jurusan Seni Musik Klasik SMKN 2 Cibinong? (2) Bagaimana tahapan pembelajaran orkestra Jurusan Seni Musik Klasik SMKN 2 Cibinong? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran orkestra Jurusan Seni Musik Klasik SMKN 2 Cibinong? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis tentang materi, tahapan, dan evaluasi pembelajaran orkestra kelas 11 di Jurusan Seni Musik Klasik SMKN 2 Cibinong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil temuan penelitian, pemilihan materi pembelajaran orkestra kelas 11 di SMKN 2 Cibinong dibagi ke dalam beberapa tingkatan yang disusun mulai dari grade 0 sampai dengan grade 3. Tahapan pembelajaran orkestra kelas 11 di SMKN 2 Cibinong dibagi ke dalam tiga tahapan, dimulai dari kegiatan prapembelajaran, kegiatan inti dan diakhiri dengan kegitan penutup. Evaluasi hasil pembelajaran didasarkan oleh beberapa aspek serta bobot penilaian sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh sekolah yang mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.Kata kunci: Orkestra, Materi, Tahapan, Evaluasi
Copyrights © 2022