I-Finance Journal
Vol 8 No 1 (2022): I-FINANCE: a Research Journal on Islamic Finance

Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah dI Indonesia

Azmy Ayu Ishfahani (Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah, Politeknik Negeri Bandung)
Marwansyah Marwansyah (Departemen Pascasarjana Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah, Politeknik Negeri Bandung)
Dian Imanina Burhany (Departemen Pascasarjana Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah, Politeknik Negeri Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Intellectual Capital (IC) terhadap kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan analisis Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). Populasi penelitian ini adalah BUS yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2016-2020. Sampel dipilih berdasarkan pusrposive sampling dan terdapat 13 BUS selama 5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-values VACA terhadap ROA, ROE dan TATO untuk ketiganya sebesar <0,001 yang berarti signifikan. Nilai p-values VAHU terhadap ROA sebesar 0,004 yang berarti signifikan. Namun VAHU tidak signifikan terhadap ROE dan TATO dengan nilai p-values sebesar 0,392 dan 0,220. Nilai p-values STVA terhadap ROA, ROE, dan TATO masing-masing 0,168; 0,065; 0,462 yang berarti tidak signifikan. Nilai p-value VAIC terhadap ROA, ROE, dan TATO masing-masing sebesar <0,001, <0,001, dan 0,002 yang berarti signifikan. Kesimpulan VAIC dan VACA berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja keuangan. VAHU berpengaruh positif yang signifikan terhadap ROA, tetapi tidak berpengaruh terhadap ROE dan TATO. STVA tidak ada pengaruhnya terhadap kinerja keuangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

I-Finance

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

I-Finance: a Research Journal on Islamic Finance is a peer-reviewed journal on Islamic ...