MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman
Vol 13, No 1 (2022)

STRATEGI MEMBANGUN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Eko Suhendro (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Indonesia as a nation that respects tradition, which is widely known as a polite nation, respects differences and customs, existing culture. The Covid-19 pandemic that has hit almost the entire world for some time, including Indonesia, has greatly affected the character of students. pay attention to all parties that the character crisis and the declining morale of children due to this pandemic must be resolved immediately. The purpose of this study is to provide a conceptual view for teachers to maintain the intensity of learning with character content that can still be done even in emergency situations by implementing character building strategies. This research is a qualitative descriptive study used to obtain information related to effective strategies to build the character of elementary school students. The respondents of this study were teachers who opened 15 elementary school levels. Data collection techniques in the form of interviews. The results show that some of the implementation of character strategies carried out by development teachers after the Covid-19 pandemic is by labeling, being listeners, paying attention gently, not comparing, giving examples, involving children in activities, using gadgets, making joint rules, encouraging independent attitudes. . The hope of this research can be material for study and literacy for teachers who have difficulty in building character after the Covid-19 pandemic.Indonesia sebagai bangsa yang mewarisi tradisi timur yang dikenal luas sebagai bangsa yang sopan santun, menghargai perbedaan dan adat, istiadat yang ada. Adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluru dunia beberapa waktu ini, termasuk Indonesia, sangat berpengaruh terhadap karakter siswa. Perhatian seluruh pihak bahwa krisis karakter dan menurunnya moral anak-anak akibat pandemi ini harus segera dituntaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pandangan konsep bagi guru untuk tetap bisa menjaga intensitas pembelajaran dengan muatan karakter tetap dapat dilakukan meski dalam situasi darurat dengan menerapkan strategi membangun karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan mendapatkan informasi terkait strategi yang efektif untuk membangun karakter siswa sekolah dasar. Responden  penelitian ini  adalah  para  guru  berjumlah  15  pada  jenjang Sekolah dasar. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan beberapa penerapan strategi pembangunan karakter yang dilakukan oleh guru pasca pandemi Covid-19 adalah  dengan labelling, jadi pendengar, bersikap lembut, tidak membandingkan, memberi contoh, melibatkan anak dalam kegiatan, pembatasan penggunaan Gadget, buat peraturan Bersama, dorong sikap mandiri. Harapan dari penelitian ini bisa menjadi bahan kajian dan literasi bagi guru yang mengalami kesulitan dalam membangun karakter setelah pandemi Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MAGISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar ...