Infotech Journal
Vol. 8 No. 2 (2022)

IMPLEMENTASI TEKNIK MOTION GRAPHIC DAN VFX TERHADAP VIDEO EDUKASI CYBERBULLYING

Ade Bastian (Universitas Majalengka)
Dadan Zaliluddin (Universitas Majalengka)
Dadan Romadhoni (Universitas Majalengka)
Yucky Putri Erdiyanti (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Perkembangan teknologi di dunia maya dapat diterapkan dalam pembuatan multimedia. Multimedia dapat memberikan informasi dengan cara yang lebih efektif dan menarik perhatian. Multimedia edukasi saat ini terus dikembangkan salah satunya melalui pembuatan video edukasi. Video edukasi merupakan suatu tampilan multimedia yang dirancang untuk menginformasikan pesan dan bertujuan untuk mendidik, memberikan ilmu pengetahuan, serta mengembangkan potensi diri yang ada dalam diri setiap manusia. Cyberbullying sebagai tindakan mengintimidasi menggunakan media atau perangkat elektronik, tindakan perundungan di media sosial adalah tindakan yang disengaja oleh pelaku dengan maksud atau tujuan yang menyebabkan timbulnya kerugian, tindakan yang selalu dilakukan secara konsisten atau berulangulang. Masih banyaknya pihak yang menganggap tindakan cyberbullying merupakan tindakan wajar mendorong produksi video edukasi ini. Mengkombinasikan ilustrasi, foto atau bentuk seni digital lainnya yang divisualisasikan menjadi video motion graphic. Penelitian ini menggunakan metode Pipeline Production berupa edukasi penanganan cyberbullying. Video Live action dibantu dengan visual effect untuk menambah dinamis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

infotech

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Infotech Journal is a Scientific Paper published by the Informatics Study Program of the Faculty of Engineering, Majalengka University. The areas of competence covered by Infotech are Information Systems, Programming, Networks, Robotics, Artificial Intelligence and ...