Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 10, No 2 (2022)

Pengaruh Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Pada Anak Kelompok B

Alya Novita Sari (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Mardeli Mardeli (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Lidia Oktamarina (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Matematika Permulaam Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Desa Pulau Beringin, dengan variabel independent media balok cuisenaire dan variabel dependent matematika permulaan. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental Design, dengan pendekatan penelitian kuantitatif Nonequivalent Control Grup Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 anak kelas B1 dan B2 di TK Negeri Desa pulau Beringin. Kelompok eksperimen menggunakan media media balok cuisenaire dan kelompok kontrol menggunakan media LKPD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenititas, uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan balok cuiseniare dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 41,8 sedangkan kelompok kontrol 41,5, kemudian dengan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,074. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung >ttabel (5,275>2,074), maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh media balok cuisenaire terhadap kemampuan matematika permulaan pada anak kelompok B di TK Negeri Desa Pulau Beringin.

Copyrights © 2022