Bakaba: Jurnal Sejarah Kebudayaan dan Kependidikan
Vol 8, No 2 (2020)

Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri I Kota Malang

Yeni Rahmawati (STKIP AL AMIN DOMPU)
Sofyan Syamratulangi (stkip al amin dompu)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tenaga pendidik dan kependidikan merupakan seluruh komponen yang terdapat dalam instansi atau lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan merupakan salah satu langkah penting dalam mewujudkan sistem pendidikan di sekolah yang efektif dan efisien. Dalam KTSP, tenaga pendidik dan kependidikan perlu diidentifikasi agar KTSP yang disusun dan dikembangkan sesuai dengan kemampuan sekolah dan dapat dilaksanakan secara maksimal. Dalam melakukan identifikasi, untuk tenaga pendidik mencakup kelayakan fisik dan mental pendidik, latar belakang pendidikan, kompetensi pendidik (pedagogik, kepribadian, profesional, sosial), minat pendidik dalam pengembangan profesi. Sedangkan tenaga kependidikan mencakup kelayakan fisik dan mental tenaga kependidikan, jenis keahlian, latar belakang tenaga kependidikan, dan minat  tenaga kependidikan dalam pengembangan profesi.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Subyek  penelitian sebagai sumber data adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, guru, dan laboran. Teknik dalam pengumpulan data adalah pengamatan langsung/observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif (Milen & Huberman).Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan dalam implementasi KTSP di SMA Negeri I Malang dilakukan melalui beberapa cara, antara lain melalui pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, pemberian kompensasi, pembinaan, studi lanjut, dan lain-lain, 2) faktor pendukung dalam pengelolaan tenaga pendidik dan kependidik dalam implementasi kebijakan KTSP di SMA negeri I Kota Malang adalah adanya latar belakang pendidikan dan komitmen tenaga pendidik dan kependidikan tenaga pendidik dan kependidikan sehingga sekolah tidak mengalami kesulitan dalam mengelolah. Selain itu, adanya dukungan dari pihak luar di antaranya komite sekolah, instansi-instansi pendidikan, pemerintah, dan lain sebagainya, 3) faktor penghambat dalam pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan dalam implementasi kebijakan KTSP di SMA negeri I Kota Malang adalah masih adanya tenaga pendidik dan kependidikan yang mempunyai komitmen rendah. Selain itu, perekrutan tenaga pendidik dan kependidikan yang tidak sesuai dengan keinginan sekolah, 4) upaya solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pengelolaan tenaga pendidikan dalam implementasi kebijakan KTSP adalah sekolah terus melakukan pembinaan dan perekrutan tenaga pendidik dan kependidikan dengan baik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bakaba

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Bakaba: Jurnal Sejarah, Kebudayaan dan Kependidikan (2089-6808) (2597-9450) is a scientific journal published two times a year. Bakaba: Jurnal Sejarah, Kebudayaan dan Kependidika includes articles on the results of research and scientific work with the scope of History,Culture and Education. Bakaba ...