Suska Journal of Mathematics Education
Vol 8, No 1 (2022)

Pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTs

Novita Yuliazmar Lestari (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Rena Revita (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Ade Irma (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis model  problem based learning pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.   Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis penelitian ini merupakan penelitian  pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan  data  yang digunakan  berupa  tes, angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, modul matematika berbasis model problem based learning dinyatakan sangat  valid dengan persentase tingkat kevalidan 91,80%. Hasil uji kepraktisan  kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa diperoleh bahwa modul matematika  berbasis model  problem  based  learning  sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan  85,85%.  

Copyrights © 2022