Journal of Information System
Vol 7, No 1 (2022): Edisi Mei 2022

Peningkatan Usability Point of Sales (PoS) Berbasis Human Centered Design (HCD)

Agus Hermanto (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Nur Sela Ameiliawati (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Agustinus Bimo Gumelar (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, Surabaya)
Lukman Junaedi (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, Surabaya)
Agung Widodo (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, Surabaya)
MY Teguh Sulistyono (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)
Achmad Teguh Wibowo (Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Ampel, Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Dalam perkembangan teknologi transaksi online hingga fasilitas e-commerce, sistem point-of-sale (POS) menjadi sangat populer karena menyediakan cara transaksi yang cepat dan nyaman untuk bisnis. Sistem ini mampu mengakomodasi tugas-tugas vital seperti transaksi online, keamanan, integrasi dengan perpajakan, hingga laporan manajemen. Oleh karena itu, menjadi penting dalam memastikan kualitas perangkat lunak dan pemanfaatan fungsi bisnis yang efektif. Di antara beberapa fungsi dan atribut kualitas perangkat lunak, sifat kegunaan perangkat lunak POS sangatlah krusial, karena antarmuka pengguna secara langsung sangat terkait dengan perilaku kasir, kepuasan pelanggan, dan keuntungan pasar. Namun, pelaksanaan evaluasi kegunaan sistem transaksi yang menggunakan teknologi POS tidak mudah karena secara umum ditampilkan banyak konfigurasi, dan antarmuka yang kompleks. Banyak model kualitas yang tersedia belum cukup untuk mengevaluasi kegunaan sistem POS yang hanya mencakup sebagian tampilan fungsinya.Dalam penelitian ini, kami melakukan investigasi sepuluh model kualitas dari metode System Usability Scale (SUS) dan mengekstrak faktor terkait kegunaan dari masing-masing model dan mengimplementasikannya berbasis desain yang berfokus pada manusia atau Human Centered Design (HCD). Evaluasi dari penggunaan aplikasi POS yang dibuat menghasilkan nilai rata-rata skor SUS sebesar 78,2 yang menunjukkan tingkat penerimaan masuk kategori Baik (Good).

Copyrights © 2022