Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses komunikasi pembelajaran daring yang dilakukan oleh pendidik dan siswa SMAN 3 Panyabungan di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Efektivitas komunikasi pembelajaran daring pada SMAN 3 Panyabungan di tengah pandemi Covid-19 belum berjalan efektif. Dari hasil temuan penelitian bahwa masih ada siswa SMAN 3 Panyabungan yang tidak mengikuti pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 dikarenakan keterbatasan perangkat smartphone, kuota internet dan sinyal. Masih banyak siswa SMAN 3 Panyabungan yang belum mahir menggunakan aplikasi pembelajaran daring. Metode komunikasi pembelajaran yang digunakan masih dominan pemberian tugas kepada peserta didik. Banyak siswa SMAN 3 Panyabungan yang tidak setuju dengan pembelajaran daring karena tidak efektif dan tidak semua orang tua yang memiliki Laptop atau HP untuk pembelajaran daring.
Copyrights © 2022