JURNAL ENGGANO
Vol. 7 No. 1 (2022)

HUBUNGAN STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLAKTON DAN KEBERADAAN BIOTA BERNILAI EKONOMIS PENTING DI PERAIRAN BINTAN SELATAN

Nahdah Ayatillah (Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Kepulauan Riau)
Ita Karlina (Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Kepulauan Riau)
Fadhliyah Idris (Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Kepulauan Riau)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Bintan Selatan merupakan wilayah yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Memiliki pesisir dan lautan yang kaya akan sumber daya hayati, salah satunya adalah fitoplankton. Fitoplankton memiliki peran penting dalam ekosistem perairan yaitu sebagai produsen utama. Keberadaan fitoplankton mempengaruhi rantai makanan akuatik yaitu biota bernilai ekonomis penting. Terdapat hubungan antara fitoplankton dan keberadaan biota ekonomis penting, sehingga perlu dikaji mengenai struktur komunitas fitoplankton dan biota bernilai ekonomis penting di Perairan Bintan Selatan. Terdapat tiga stasiun penelitian diantaranya Kampung Bugis, Kawal dan Kijang. Penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel fitoplankton, parameter kualitas perairan, dan wawancara nelayan. Analisis data yang dilakukan pada fitoplankton adalah analisis kelimpahan, indeks keanekaragaman, indeks keseragaman dan indeks dominansi. Sedangkan analisis biota ekonomis penting menggunakan uji data non parametrik, krustal wallis. Hasil penelitian menunjukkan fitoplankton yang ditemukan pada tiga lokasi penelitian adalah 4 divisi dari 7 kelas serta 35 genera, memiliki keanekaragaman yang rendah dengan kemerataan stabil dan tidak terdapat jenis fitoplankton yang dominan (dominansi rendah). Sedangkan pada biota ekonomis penting didapatkan sebanyak 34 jenis yang terdiri dari jenis cumi dan udang, ikan pelagis kecil, pelagis besar dan demersal. Keberadaan biota ekonomis penting dipengaruhi oleh kelimpahan fitoplankton. Semakin tinggi kelimpahan fitoplankton semakin besar jumlah biota ekonomis yang didapatkan nelayan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalenggano

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Enggano is published twice a year, in April and September, and contains a mixture of academic articles and reviews on all aspects of marine science and ...