Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Desain Kegiatan Printing (Mencetak) Berbasis Bahan Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Anak

Aat Maratun Sholehah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Hibana Hibana (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Na'imah Na'imah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Aulia Rahma (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Kegiatan baru yang ditunjang oleh sebuah alat dan bahan akan menjadikan proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Anak merasa jenuh akibat dari penggunaan LKA yang terus menerus menjadikan suatu kegiatan itu membosankan dan tidak merangsang perkembangan yang seharusnya terstimulasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan desain kegiatan printing berbasis bahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak. Metode kualitatif deskriptif analitik dipilih dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan yang menunjukkan hasil bahwasanya bahan alam memiliki potensi untuk menunjang suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas. Strategi meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak berbasis bahan alam meliputi: mencetak menggunakan buah belimbing, pelepah pisang, sinar matahari, sisir dan sikat, lilin, kuas dan cat air dan mencetak (berkreasi) menggunakan biji-bijian, sehingga dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kreativitas anak dapat dilakukan melalui kegiatan printing (mencetak) berbasis bahan alam dengan desain yang telah di uraikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...