JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study
Vol 8, No 1 (2022): JURNAL SIMBOLIKA APRIL

Konsep Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal di Danau Toba Kabupaten Samosir Sumatera Utara

Arief Marizki (Universitas Sumatera Utara)
Munzaimah Masril (Universitas Sumatera Utara)
Ian Pasaribu (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Kawasan Danau Toba merupakan salah satu kawasan pariwisata super prioritas yang gencar melakukan berbagai promosi potensi alam dan budaya sebagai upaya menarik wisatawan dalam maupun luar negeri. Komunikasi pariwisata di Danau Toba Kabupaten Samosir menyangkut media sebagai saluran interaksi dalam menyampaikan informasi bagaimana kemampuan para pemangku kepentingan (stakeholder) pariwisata, baik itu pemerintah, pengusaha, hingga masyarakat. Saat ini strategi baru dalam komunikasi pariwisata memanfaatkan new media seperti facebook, Instagram, twitter dan whatsapp. Penelitian ini berfokus pada Kabupaten Samosir dengan tujuan penelitian adalah menjelaskan peluang dan tantangan pengembangan sektor pariwisata di Kawasan Danau Toba sebagai konsep dalam Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. Komunikasi pariwisata berkaitan dengan jaringan (networks), norma-norma (norms), dan kepercayaan sosial (social trust) yang tujuannya tidak hanya untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) tetapi juga meningkatkan perekonomian warga lokal di Kabupaten Samosir. Komunikasi pariwisata menjadi bagian yang sangat penting dalam tercapainya keseimbangan pengakomodasian berbagai kepentingan pariwisata melalui tindakan yang cepat dan tepat sasaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan wawancara, referensi jurnal, buku dan dokumen-dokumen ataupun laporan yang berkaitan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa adanya peluang atau Potensi Pariwisata di Kabupaten Samosir dengan didukung Strategi Komunikasi berbasis digital.

Copyrights © 2022