MEDIA BINA ILMIAH
Vol 16, No 8: Maret 2022

PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI UNTUK KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DI INDONESIA

Akhmad Roqi Alawi (Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2022

Abstract

Sektor pariwisata menjadi semakin popular dikalangan masyarakat. Sektor ini apabila di kelola dengan baik dan serius dapat menghasilkan devisa, membuka lowongan usaha dan lowongan kerja bagi masyarakat. Sistem informasi geografi adalah suatu alat yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan dan menyediakan informasi wisata terinterigritas. Penelitian ini menggambarkan pemanfaatan sistem informasi geografi (SIG) untuk komunikasi pemasaran wisata. Pariwisata memiliki atribut geografis yang kuat, dan SIG sendiri adalah sistem informasi yang menawarkan layanan untuk penelitian geografi dan pengambilan keputusan yang dapat berperan dalam pemasaran pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui kajian bahan pustaka. Hasil analisis yang di dapatkan bahwa GPS dalam sistem informasi geografi dapat dimanfaatkan untuk citra dan promosi pariwisata. Dengan menggabungkan Teknologi Multimedia dan Virtual dengan SIG dapat dimanfaatkan sebagai media iklan dalam meningkatkan daya tarik bagi Wisatawan yang berencana untuk mengunjungi destinasi. Selain itu, sistem informasi geografis memiliki peran dalam industri pariwisata di Indonesia, antara lain membantu memberikan informasi yang akurat bagi wisatawan, mampu menghasilkan peta tematik yang komprehensif dan membantu dalam proses pengembangan pariwisata di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh lembaga pengembangan sumber daya insani. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta ...